Kue Dan Minuman Khas Aceh

  • -
1.      Bhoi
Kue manis Aceh ini adalah Bolu tradisional Aceh, yang dijadikan bahan antaran mempelai ketika acara pernikahan, rasanya yang manis cocok disantap bersama kopi Aceh hangat.

2.      Keukarah
Melihat bentuknya yang seperti Sarang Burung Walet ini membuat orang banyak yang mengiranya terbuat dari  Sarang Burung Walet. Rasanya yang renyah  dan bentuknya  yang unik menjadikannya oleh-oleh yang  bisa dibawa kemana saja.

3.      Rujak Aceh
Rujak Aceh memiliki cita rasa yang khas dan unik. Cita rasa ini berasal dari Buah Batok dan Buah Rumbia(Salak Aceh) yang dihaluskan bersama dengan bumbu rujak lainnya. Berbagai macam buah-buahan kemudian diparut atau dipotong kecil-kecil, dan untuk menambah rasa manis ditambahkan pula Gula Aren.

4.      Timphan
Kue ini berbentuk memanjang, terbuat dari tepung, telur, diisi dengan parutan kelapa dan dibungkus dengan daun pisang muda.Timpan sangat terkenal di Aceh dan sering membuat orang aceh teringat akan kampung halamannya. Banyak juga Hadi Maja (kata-kata bijak dalam bahasa Aceh) yang memuat tentang kue ini. ”Uroe got buleun got timphan ma peugoet beumeutemeng rasa” yang artinya ” Hari yang baik, bulan yang baik, timphan dibuat sama ibu sudah seharusnya kita rasa”.

5.      Roti Cane
Roti Cane Hampir serupa dengan makanan India, biasanya disajikan dengan daging kambing dan gule ayam dengan rasa yang lezat. Terbuat dari tepung terigu, mentega dan garam.

6.      Kupi Ulee Kareng
Kupi Ulee Kareng ini merupakan minuman favorite masyarakat di Banda Aceh dan juga wisatawan yang datang ke Kota Banda Aceh. Rasanya yang khas menjadikannya incaran para penikmat kopi. Cara pembuatannya pun menjadi atraksi yang menarik untuk dilihat.

7.      Martabak Telor
Martabak telor ini terbuat dari tepung terigu, sama dengan yang digunakan untuk membuat Cane, telur dan sayuran, kemudian dimasak di atas penggorengan yang berbentuk besi persegi yang permukaannya datar.

8.      Bakpia Sabang
Bakpia Sabang merupakan kue Bakpia yang sangat terkenal dengan rasanya yang unik dan nikmat. Memiliki beberapa rasa diantaranya, Kacang Hijau, Pandan dan Durian. Biasanya menjadi oleh-oleh wajib dari Kota Sabang.

9.      Ie Boh Timon
Ie Boh Timon atau air mentimun terbuat dari parutan buah mentimun yang dicampur dengan air dan gula pasir. Boleh juga ditambahkan perasan jeruk nipis.  I Boh Timon ini berfungsi untuk menetralkan masakan Aceh seperti Gule Kambing yang dapat menimbulkan penyakit darah tinggi.